Jumat, 07 Maret 2014

Tidur Pagi 
"Kebiasaan yang susah dihilangkan"


Sering kita mendengar dalam sehari-hari ungkapan tentang Naumatus Subhi Tuuritsul Faqoro, “Tidur pagi itu mewariskan kefakiran”, saya rasa memang benar ungkapan tersebut bahwa tidur pagi adalah mewarisi orang-orang fakir, kata orang tua jaman dulu, “nanti rezekinya di patok ayam lho” disaat orang lain berjihad-jihad pada pagi hari sedangkan kita malah tidur pagi.
Tak ketinggalan, ‘bahaya’ tidur di waktu pagi adalah terhambatnya rizki datang. Menurut Ibnu Qayyim, empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah berkhianat, malas shalat, bermalas-malasan, dan tidur di waktu pagi.
Di Pesantren Darunnajah sendiri, kebiasaan tidur pagi setelah shalat shubuh dikalangan santri Darunnajah sangat susah dihilangkan, memang butuh pengawasan lebih ketat akan hal ini, misalnya Lurah (Penanggung Jawab Asrama), selalu mengontrol kegiatan santri di pagi hari, jika ada yang tidur di pagi hari lansung ditindak untuk dihukum, bekerjasama dengan Pengurus dari kelas 5 Aliyah sebagai Penggerak dikamar.
Pengalaman yang saya alami ketika tidur pagi semua jadwal kegiatan jadi berantakan, karena kebablasan saat tertidur, akhirnya masuk ke kantor pun malu, seluruh kegiatanpun terbatalkan. Pernah juga saya mencoba untuk bangun pagi Pkl. 04.00, kuayuh kaki untuk ke kamar mandi untuk wudhu dan berangkat ke Masjid, setelah Shalat Shubuh dilanjutkan dengan tilawah Alqur’an dan olahraga (lari pagi *red), rasanya itu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, caelah….. nikmat sekali rasanya bisa dekat lansung dengan sang Illahi dan Badanpun lansung segar bugar, kegiatan seharianpun berjalan lancar.

Saya rasa anda boleh mencoba pengalaman bangun di pagi hari. Sedikit berbagi tips untuk anda yang susah bangun pada pagi hari (termasuk saya juga ya.. J ), sebelum tidur diusahakan untuk berwudhu terlebih dahulu, kemudian shalat sunnah taubat serta membaca alqur’an minimal setengah lembar, sebelum tidur hendaklah berdo’a dan memohon kepada Allah agar dibangukan pada waktu shubuh. Mudah-mudahan ikhtiar niat ibadah kita dikabulkan oleh Sang Maha Pencipta. (TAG)

Tidak ada komentar: